Visi Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi Pend. Matematika
Program Studi Pendidikan dibuka pada tahun kuliah 1981/1982 berdasarkan Keputusan DIRJEN BINBAGA ISLAM DEPAG RI Nomor Kep/E/668/1981. Program Studi Pendidikan dibuka dengan latar belakang pemenuhan kebutuhan akan tenaga guru Pengetahuan Umum bagi madrasah-madrasah di bawah pengelolaan/binaan Depertemen Agama baik Negeri maupun Swasta.
Program Studi Pendidikan ini memiliki tiga Sub Program yaitu IPS, IPA dan Matematika. Pada tahun 1984/1985 dibuka juga lokal jauh di Bengkulu Program IPS Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Raden Fatah Nomor: XV tahun 84. Mengingat perkembangan akan kebutuhan lulusan Program Studi Pendidikan ini sudah mulai jenuh, maka pada tahun 1989 Program Studi ini tidak lagi menerima calon mahasiswa. Setelah vakum selama kurang lebih 10 tahun, atas desakan masyarakat pada tahun 2008 Program Studi Pendidikan ini dibuka kembali berdasarkan persetujuan dan Keputusan DIRJEN PENDIS DEPAG RI No.: DJ.I/202/2008, tertanggal 20 Juni 2008 Program Pendidikan Pendidikan PENDIDIKAN MIPA dibuka.
Namun, program Pendidikan Pendidikan MIPA ini tidak disetujui Dirjen Pendis dalam rangka akreditasi, karenanya harus dipecah menjadi dua Program Studi yakni Prodi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika. Program ini dibuka berdasarkan pertimbangan dan tingginya animo masyarakat yang ingin mengikuti program ini, maka atas persetujuan dan Keputusan DIRJEN PENDIS DEPAG RI Nomor : 456 Tahun 2012, tertanggal 18 April 2012, maka Program Pendidikan Pendidikan MIPA menjadi dua prodi yakni Prodi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 184/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013, menyatakan bahwa Program studi Sarjana Pendidikan Matematika, UIN Raden Fatah Palembang terakreditasi C, sejak tanggal 06 September 2013.
VISI
Menjadikan Program Studi Pendidikan Matematika sebagai program studi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan menghasilkan tenaga pendidik pada bidang pendidikan matematika yang cerdas, berkarakter Islami dan mampu bersaing pada tingkat nasional dan internasional.
MISI
Berdasarkan visi di atas, maka Prodi Pendidikan Matematika memiliki misi sebagai berikut:
a. Menyiapkan Sarjana Pendidikan Matematika yang bertanggung jawab, berakhlak mulia, beriman, dan bertakwa kepada Allah SWT.
b. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran pada bidang pendidikan matematika dan matematika yang memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.
c. Mengembangkan basis keilmuan pendidikan matematika melalui kegiatan penelitian.
d. Meningkatkan peran serta civitas academika dalam kegiatan pengabdian masyarakat pada bidang pendidikan matematika serta kebudayaan nasional dan peradaban.
e. Melakukan kerjasama dan kemitraan berbasis kompetensi pada bidang matematika dalam upaya pengembangan kapasitas kelembagaan.
TUJUAN
Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika pada hakikatnya merupakan penjabaran operasional dari visi Program Studi Pendidikan Matematika. Visi bukan hanya menjadi tekad dan komitmen civitas akademika Program Studi Pendidikan Matematika, melainkan juga sebagai hal yang harus dipahami oleh segenap unsur Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dan Keguruan. Untuk menjelaskan visi di atas, dirumuskan tujuan Program Studi Pendidikan Matematika.
Adapun tujuan Program Studi Pendidikan Matematika adalah menghasilkan lulusan dengan beberapa kompetensi sebagai berikut.
a. Mengaplikasikan ilmu pendidikan dan pengajaran dalam bidang matematika serta memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
b. Menguasai konsep teoritis bidang pendidikan dan konsep teoritis bidang matematika secara mendalam, serta mampu mengembangkan basis keilmuan bidang pendidikan matematika memalui penelitian.
c. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok dalam bidang pendidikan matematika.
d. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
e. Ahlak mulia, jujur, berkualitas, berkarakter islami dan mampu menghadapi tantangan dan persaingan antar bangsa.