Selamat Datang di Situs Resmi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Semoga Situs Ini Benar-benar Menjadi Media Informasi Yang Up to Date Selamat & Sukses Kepada Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Atas Diraihnya Akreditasi Dengan Predikat Unggul Selamat dan Sukses Kepada Prof. Dr. Ahmad Zainuri, M.Pd.I. Sebagai Dekan FITK Periode 2023-2024

Pedoman Pelaksanaan Ujian Komprehensif


Pedoman Pelaksanaan Ujian Komprehensif

PEDOMAN PELAKSANAAN UJIAN KOMPREHENSIF

 

A.  Pengertian

Ujian komprehensif adalah ujian terhadap tingkat pemahaman mahasiswa secara komprehensif  dalam ilmu-ilmu pendidikan dan keguruan (keTarbiyah dan Keguruan) serta keahlian khusus pada program studi di mana mahasiswa berada, yang mencerminkan kompetensi mahasiswa Tarbiyah dan Keguruan setelah menjadi alumni.

 

B.  Tujuan

Pelakasanaan Ujian Komprehensif di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang bertujuan:

1.    Mengukur tingkat kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan ilmu-ilmu keislaman dan kependidikan (ilmu-ilmu keTarbiyah dan Keguruanan).

2.    Mengingatkan kembali tugas-tugas keguruan yang menjadi tanggung jawab mahasiswa setelah lulus dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.

3.    Meyakinkan kepada mahasiswa bahwa mereka sudah siap untuk memasuki dunia profesi sebagai bagian dari ibadah kepada Allah SWT.

4.    Membangkitkan kematangan moral, emosional dan sosial sebagai kesiapan mahasiswa memasuki pengabdiannya kepada dunia kerja.

5.    Mengembangkan kemampuan reflektif yang dimiliki mahasiswa dalam menajamkan kemampuan berfikir kritis dan logis dalam merespon masalah-masalah kependidikan yang terus berkembang.

 

C.  Persyaratan Peserta 

1.    Terdaftar sebagai mahasiswa pada semester berjalan.

2.    Lulus semua mata kuliah, termasuk KKN dan PPLK II (kecuali Skripsi) dibuktikan dengan surat keterangan dari Bagian Akademik.

3.    Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,00 untuk Pendidikan MIPA, PBA, PBI dan 2,5 untuk PAI, KI dan PGMI

4.    Khusus mata kuliah yang akan dikomprehensifkan pada jurusan masing-masing tidak boleh mendapat nilai D.

5.    Lulus ujian labor BTA/Kitab Kuning yang dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh Ketua Labor.

6.    Mendaftarkan diri ke Bagian Akademik untuk mengikuti ujian komprehensif, dengan mengisi formulir yang disediakan oleh Bagian Akademik dengan menyertakan hal-hal sebagai berikut:

a.    Foto copy KTM dan Kwitansi SPP yang sah

b.    Transkrip Nilai Sementara yang ditandatangani ketua jurusan

c.    Foto copy sertifikat OSPEK/OSPENDO

d.   Foto copy sertifikat Kuliah Kerja Nyata (KKN)

e.    Foto copy Surat Keterangan lulus ujian labor BTA/Kitab Kuning

f.     Surat keterangan dari pembimbing I dan II untuk dapat mengikuti ujian komprehensif

g.    Surat Keterangan Lulus Semua mata kuliah dari Kepala Bagian Akademik

7.    Jika mahasiswa dinyatakan tidak lulus maka ia wajib mengikuti ujian ulang sesuai mata kuliah yang belum lulus dengan mendaftar ulang kepada jurusan tanpa harus melengkapi persyaratan yang pernah dilengkapi ketika pertama kali mendaftar.

 

D.  Pelaksanaan Ujian

Pelaksanaan ujian komprehensif menjadi syarat untuk mengikuti munaqasyah skripsi. Ujian komprehensif dilaksanakan secara tertulis dan atau lisan. Bidang keahlian yang dilaksanakan secara lisan adalah kemampuan membaca kitab (teks Arab) dan hapalan-hapalan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an. Sedangkan bidang keahlian yang dilaksanakan secara tertulis adalah komponen mata kuliah MKK pada Program Studi tersebut.

Materi ujian (mata kuliah) yang diujikan dalam ujian komprehensif untuk masing-masing program studi adalah sebagai berikut:

1.        Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)

a.    Perencanaan Sistem Pembelajaran PAI

b.    Materi PAI

c.    Metodologi Pembelajaran PAI

d.   Pengembangan Kurikulum PAI

e.    Media Pembelajaran PAI

f.     Baca Tulis Al Quran

g.    Pengembangan Sistem Evaluasi

2.        Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

a.    Ibadah Kemasyarakatan Materi PAI

b.    Qowa’id

c.    Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab

d.   Pengembangan  Kurikulum Bahasa Arab

e.    Media Pembelajaran Bahasa Arab

f.     Baca Tulis Al Quran

g.    Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab

3.        Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)

a.    Language Evaluation (I,II)

b.    TEFL Methodology

c.    Curriculum and Material Development

d.   Instructional Design

e.    Baca Tulis Al Quran

f.     Pengetahuan Keislaman (Pendidikan Agama, Ulumul Hadits, Ulumul Qur’an)

4.        Program Studi Pendidikan Matematika

a.    Perencanaan Pengelolaan Evaluasi Pengajaran

b.    Metodologi Pengajaran

c.    Pengembangan Kurikulum Matematika

d.   Media Pembelajaran Matematika

e.    Materi matematika

f.     Baca Tulis Al Quran

g.    Pengetahuan Keislaman (Ulumul Hadits, Ulumul Qur’an dan Fiqh)

5.        Program Studi Pendidikan Biologi

a.    Perencanaan Pengelolaan Evaluasi Pengajaran

b.    Metodologi Pengajaran

c.    Pengembangan Kurikulum Biologi

d.   Media Pembelajaran Biologi

e.    Materi Biologi

f.     Baca Tulis Al Quran

g.    Pengetahuan Keislaman (Ulumul Hadits, Ulumul Qur’an dan Fiqh)

6.        Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

a.    Materi PAI Ibadah Kemasyarakatan

b.    Pengembangan Pusat Sumber Belajar

c.    Pengembangan Kurikulum

d.   Manajemen Berbasis Sekolah

e.    Pemikiran Pendidikan Islam

f.     Baca Tulis Al Quran

g.    Telaah Kurikulum Sekolah/Madrasah

7.        Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

a.    Materi PAI MI

b.    Evaluasi Pembelajaran

c.    Metodologi Pembelajaran

d.   Pengembangan Kurikulum MI

e.    Perencanaan Pengajaran

f.     Baca Tulis Al Quran

g.    Materi umum MI (Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS)

h.    Media Pembelajaran

2.        Program Studi Pendidikan Fisika

a.    Studi Keislaman

b.    Pancasila

c.    Pengantar Kurikulum

d.   Statisitk Pendidikan

e.    Fisika Dasar

f.     Fisika Kuantum

g.    Fisika Matematika

3.        Program Studi Pendidikan Kimia

a.    Materi Kimia

b.    Media pembelajaran

c.    Belajar dan pembelajaran Kimia

d.   Evaluasi pembelajaran

e.    Perencanaan pembelajaran

f.     Metodologi penelitian pendidikan

g.    BTA

h.    Pengetahuan keislaman (ulumul hadist, ulumul qur’an, dan fiqh)

4.        Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

a.    Pengembangan Bakat dan Kreativitas RA

b.    Pengelolaan lingkungan belajar RA

c.    Materi berbahasa AUD

d.   Telaah dan pengembangan kurikulum RA

e.    Metode pengembangan sosial, emosional, moral, dan agama

f.     Bermain dan permainan AUD

g.    Dasar-dasar menggambar

Penilaian hasil ujian komprehensif mengikuti patokan penilaian hasil untuk matakuliah. Ujian komprehensif dinyatakan lulus jika mahasiswa mendapatkan sekurang-kurangnya nilai C.

Ketua program studi mengumumkan nilai hasil ujian komprehensif secara terbuka dan mengeluarkan surat keterangan lulus ujian komprehensif bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus. Surat Keterangan Lulus Ujian Komprehensif ditandatangani oleh Ketua Program Studi. Hasil ujian komprehensif tidak menjadi komponen penilaian dalam menentukan kelulusan ujian munaqasyah.