Visi Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi Pend. Biologi
Program Studi Pendidikan dibuka pada tahun kuliah 1981/1982 berdasarkan Keputusan DIRJEN BINBAGA ISLAM DEPAG RI Nomor Kep/E/668/1981. Program Studi Pendidikan dibuka dengan latar belakang pemenuhan kebutuhan akan tenaga guru Pengetahuan Umum bagi madrasah-madrasah di bawah pengelolaan/binaan Depertemen Agama baik Negeri maupun Swasta.
Program Studi Pendidikan ini memiliki tiga Sub Program yaitu IPS, IPA dan Matematika. Pada tahun 1984/1985 dibuka juga lokal jauh di Bengkulu Program IPS Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Raden Fatah Nomor: XV tahun 84. Mengingat perkembangan akan kebutuhan lulusan Program Studi Pendidikan ini sudah mulai jenuh, maka pada tahun 1989 Program Studi ini tidak lagi menerima calon mahasiswa. Setelah vakum selama kurang lebih 10 tahun, atas desakan masyarakat pada tahun 2008 Program Studi Pendidikan ini dibuka kembali berdasarkan persetujuan dan Keputusan DIRJEN PENDIS DEPAG RI No.: DJ.I/202/2008, tertanggal 20 Juni 2008 Program Pendidikan Pendidikan PENDIDIKAN MIPA dibuka.
Namun, program Pendidikan Pendidikan MIPA ini tidak disetujui Dirjen Pendis dalam rangka akreditasi, karenanya harus dipecah menjadi dua Program Studi yakni Prodi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika. Program ini dibuka berdasarkan pertimbangan dan tingginya animo masyarakat yang ingin mengikuti program ini, maka atas persetujuan dan Keputusan DIRJEN PENDIS DEPAG RI Nomor: 456 Tahun 2012, tertanggal 18 April 2012, maka Program Pendidikan Pendidikan MIPA menjadi dua prodi yakni Prodi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013, menyatakan bahwa Program studi Sarjana Pendidikan Biologi, UIN Raden Fatah Palembang terakreditasi C, sejak tanggal 20 Juli 2013.
VISI
Menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian, dan pengembangan pengajaran ilmu-ilmu Biologi dalam upaya melahirkan guru yang profesional, berdaya saing global dan berwawasan nasional untuk mendukung pembangunan manusia yang berkarakter Islami.
MISI
Berdasarkan visi di atas, maka Prodi Pendidikan Biologi memiliki misi sebagai berikut:
a. Melaksanakan kegiatan akademik dan profesi pendidikan dan pengajaran dalam bidang Biologi
b. Mengembangkan dan melakukan inovasi bidang Pendidikan Biologi melalui kegiatan penelitian
c. Menyebarluaskan hasil kajan dan inovasi bidang Pendidikan Biologi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat
d. Menggerakkan pembangunan melalui pengembangan penddikan calon guru Biologi yang mampu mengintegrasikan antara ilmu Biologi, teknologi yang berkarakteristik Islam.
MANFAAT PROGRAM STUDI
Berdasarkan visi dan misi Prodi Pendidikan Biologi tersebut, maka Prodi Pendidikan Biologi mempunyai manfaat sebagai berikut:
a. Menghasilkan lulusan sarjana Pendidikan Biologi yang mampu menganalisis dan dapat mengembangkan diri sekaligus dapat memecahkan permasalahan dalam bidang biologi serta menjadi guru biologi yang professional.
b. Menghasilkan lulusan sarjana Pendidikan Biologi yang mempunyai keterampilan dalam ilmu biologi, media pembelajaran biologi dan bioteknologi serta ilmu pedagogik yang kreatif dan inovatif.
TUJUAN
Tujuan Program Studi Pendidikan Biologi pada hakikatnya merupakan penjabaran operasional dari visi Program Studi Pendidikan Biologi. Visi bukan hanya menjadi tekad dan komitmen civitas akademika Program Studi Pendidikan Biologi, melainkan juga sebagai hal yang harus dipahami oleh segenap unsur Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dan Keguruan. Untuk menjelaskan visi di atas, dirumuskan tujuan Program Studi Pendidikan Biologi.
Adapun tujuan Program Studi Pendidikan Biologi sebagai berikut.
a. Melaksanakan kegiatan akademik dan profesi pendidikan dan pengajaran dalam bidang Biologi dengan tujuan menghasilkan guru Pendidikan Biologi yang profesional di bidangnya.
b. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan bidang keilmuan dan keguruan Islam berbasis pada profesionalitas yang memiliki keunggulan dan berstandar internasional, meliputi hal-hal berikut:
c. membuat pengembangan kurikulum kegiatan pembelajaran yang disesuaikan;
d. mempersiapkan SDM yang berkompeten, khususnya dalam bidang pengembangan
e. membuat pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai dan berbasis ilmiah;
f. membuat pengadaan infrastruktur yang berhubungan dengan pengembangan pembelajaran yang memadai dan berbasis ilmiah;
g. Mengembangkan riset bidang biologi dengan dikaitkan dalam keilmuan pendidikan dan keguruan yang Islami yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, dengan mengacu pada hal-hal berikut: menghasilkan penelitian-penelitian sebagai wujud pengembangan di bidang pendidikan biologi.
h. Mengembangkan kegiatan dalam bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, meliputi hal-hal berikut:
1) mengadakan pembinaan kegamaan terhadap masyarakat;
2) mengadakan penyuluhan-penyuluhan mengenai keilmuan khusunya bidang biologi kepada masyarakat;
3) mengadakan program kegiatan sosial kepada masyarakat.
i. Mengembangkan jaringan kerja sama atau kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, meliputi hal-hal berikut:
1) mengadakan seminar, pelatihan, dan workshop berskala nasional dan internasional antarperguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri;
2) mengadakan berbagai kompetisi yang berskala nasional dan internasional antarperguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri;
3) mengadakan pertukaran mahasiswa antarperguruan tinggi, baik dengan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri;
4) mengadakan kunjungan edukasi ke perguruan tinggi lain, baik dalam negeri maupun luar negeri.
SASARAN
Sasaran studi di Prodi Pendidikan Biologi dalam lingkup keilmuan, yakni merumuskan dan menghasilkan produk secara terpadu, komprehensif, dan komparatif dalam bidang biologi yang diorientasikan pada hal-hal berikut:
a. Lulusan yang unggul, berkompeten, dan berwawasan keislaman dalam bidang berikut:
1) Lulusan Prodi Pendidikan Biologi dengan spesifikasi Zoologi diharapkan mampu bekerja untuk fokus urusan manusia dan hewan, seperti pada bidang biologi kesehatan, genetika dan biologi molekular (kedokteran umum, kedokteran hewan, kebidanan, keperawatan, analisis medis, farmasi, peternakan, perikanan, peneliti, dll).
2) Lulusan Prodi Pendidikan Biologi dengan spesifikasi Botani diharapkan mampu bekerja untuk fokus pada urusan tanaman, mikroorganisme, pengolahan pangan dan biotekhnologi (pertanian, kehutanan, perkebunan, peneliti, mampu mengidentifikasi pangan halal dan non halal, dll).
3) Lulusan Prodi Pendidikan Biologi dengan spesifikasi Ekologi diharapkan mampu bekerja untuk fokus pada urusan lingkungan, konservasi, epidemiologi, dll.
b. Riset-riset yang berkaitan dengan jenis-jenis berikut:
1) riset grounded theory pendidikan, meliputi aspek historis, sosiologis, psikologis, dan filosofis tentang biologi secara umum dengan model pendidikan lainnya;
2) riset komparasi metodologi pendidikan biologi dan model pendidikan lainnya;
3) riset terhadap media pengajaran biologi, metode pengajaran serta administrasi dan model pendidikan lainnya;
4) riset di bidang kebijakan-kebijakan pemerintah terhadap perkembangan pendidikan biologi dan model pendidikan lainnya;
5) riset terhadap perkembangan kurikulum pendidikan biologi; dan
6) riset terhadap kompetensi guru biologi.