Selamat Datang di Situs Resmi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Semoga Situs Ini Benar-benar Menjadi Media Informasi Yang Up to Date Selamat & Sukses Kepada Program Studi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Atas Diraihnya Akreditasi Dengan Predikat Unggul Selamat dan Sukses Kepada Dr. Muhamad Fauzi, M.Ag. Sebagai Dekan FITK Periode 2024-2028

Visi Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi PBA


Pada tahun 1986/1987 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah membuka lagi satu Program Studi yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Pembukaan Program Studi ini dilatar belakangi oleh satu pengamatan, di mana tenaga pendidik ahli Bahasa Arab baik di madrasah-madrasah maupun di lingkungan UIN sendiri jumlahnya sangat terbatas. Program Studi ini mendidik mahasiswa untuk menjadi tenaga pendidik yang ahli Bahasa Arab dan terampil berkomunikasi untuk membantu perkembangan ilmu-ilmu keislaman.

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dibuka berdasarkan persetujuan senat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang dalam sidangnya tanggal 20 Januari 1986 yang selanjutnya diperkuat dengan persetujuan anggota senat UIN Raden Fatah dalam sidang berikutnya. Kemudian, izin penyelenggaraan Program Studi ini terus diperpanjang, terakhir berdasarkan Surat Keputusan DIRJEN PENDIS DEPAG RI No.: DJ.I/202/2008, tertanggal 20 Juni 2008, Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 153/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2014, menyatakan bahwa Program studi Sarjana Pendidikan Bahasa Arab, UIN Raden Fatah Palembang terakreditasi B, sejak tanggal 28 Mei 2014.

VISI

Menjadi Pusat Pencetak sarjana berkarakter islami yang unggul dan terkemuka dalam bidang ilmu bahasa arab dan metode pembelajarannya.

MISI

Adapun misi yang diemban oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah:

a.    Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran unggul dalam bidang pendidikan bahasa arab.

b.    Menyiapkan Sarjana yang menguasai disiplin ilmu Pendidikan dan bahasa arab serta  terampil mengaplikasikannya dalam masyarakat.

c.    Menyiapkan Sarjana  pendidikan bahasa arab yang berkarakter Islami.

d.   Mengembangkan paradigma baru  pendidikan bahasa arab dan menciptakan iklim akademis religius dalam pengelolaan lembaga pendidikan.

e.    Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang lebih proaktif dan partisipatif sesuai dengan kompetensi dan kapasitas yang berkaitan

       dengan pendidikan bahasa arab.

 

TUJUAN

Mendidik mahasiswa menjadi Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki kemampuan dalam bidang bahasa arab dan menguasai metode pembelajarannya dengan baik dan benar.

Tujuan Program Studi PBA pada hakikatnya yaitu sebagai berikut:

a.  Mempersiapkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab  yang berkompeten, unggul, dan berdaya saing tinggi, serta profesional di bidangnya.

b.  Menyelenggarakan kegiatan pendidikan bidang keilmuan dan keguruan pendidikan Bahasa Arab  berbasis pada profesionalitas yang memiliki

     keunggulan dan berstandar internasional, meliputi hal-hal berikut:

1)   membuat pengembangan kurikulum kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan standar internasional;

2)   mempersiapkan SDM yang berkompeten, khususnya dalam bidang pendidikan Bahasa Arab;

3)   membuat pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran  yang memadai dan berbasis internasional;

4)   membuat pengadaan infrastruktur yang berhubungan dengan pengembangan pembelajaran  yang memadai dan berbasis internasional;

c.    Mengembangkan riset bidang keilmuan pendidikan dan keguruan  Bahasa Arab  yang relevan dengan kebutuhan masyarakat yaitu dengan

       menghasilkan penelitian-penelitian sebagai wujud pengembangan di bidang Pendidikan dan pengajaran Pendidikan Bahasa Arab.

d.   Mengembangkan kegiatan dalam bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, meliputi hal-hal berikut:

1)   Mengadakan pembinaan pendidikan Bahasa Arab  terhadap masyarakat;

2)   Mengadakan pendidikan dan pelatihan dalam pengajaran bidang Bahasa Inggris  kepada masyarakat;

3)   Mengadakan program kegiatan sosial kepada masyarakat.

e.    Mengembangkan jaringan kerja sama atau kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, meliputi hal-hal berikut:

1)   Mengadakan seminar, pelatihan, dan workshop berskala nasional dan internasional antarperguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar

       negeri;

2)   Mengadakan berbagai kompetisi yang berskala nasional dan internasional antarperguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri;

3)   Mengadakan pertukaran mahasiswa antarperguruan tinggi, baik dengan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri;

4)   Mengadakan kunjungan edukasi ke  perguruan tinggi lain, baik dalam negeri maupun luar negeri.

f.     Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab  yang bertanggung jawab terhadap profesi.

 

SASARAN

Sasaran studi di Prodi PBA dalam lingkup keilmuan, yakni Kemampuan yang diharapkan bagi lulusan:

a.    Mampu memahami ruang lingkup, landasan Pendidikan Bahasa Arab di sekolah  dan perkantoran;

b.    Mampu memahami kaitan antar konsep Pendidikan Bahasa Arab   di sekolah dan perkantoran.

c.    Mampu memahami implikasi dari teori-teori Pendidikan Bahasa Arab di sekolah.

d.   Memiliki wawasan komprehensif tentang institusi pendidikan Islam

e.    Memiliki kemampuan mengaplikasikan teori-teori dalam Pendidikan Bahasa Arab di sekolah

Sasaran studi di Prodi PBA dalam lingkup keilmuan, yakni Kemampuan yang diharapkan bagi lulusan: menyiapkan mahasiswa yang mampu menjadi tenaga pendidik bahasa Arab dan senantiasa melakukan pengembangan format pendidikan yang ideal.

Mendidik mahasiswa menjadi sarjana muslim yang memiliki keahlian sebagai tenaga spesialisasi bahas Arab serta bertanggung jawab dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kemampuan yang diharapkan bagi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab:

a.    Mampu merencanakan pengajaran bahasa Arab.

b.    Mampu mengajarkan bahasa Arab dan satu atau lebih cabang ilmu keislaman di sekolah dan luar sekolah.

c.    Mampu mengevaluasi proses belajar mengajar bahasa Arab dan satu atau lebih cabang ilmu keislaman.

d.   Mampu mengidentifikasi permasalahan yang muncul dalam proses belajar mengajar.

e.    Mampu berkomunikasi aktif dan pasif dalam bahasa Arab.

f.     Mampu membaca buku-buku bahasa Arab standar.

g.    Mampu memecahkan permasalahan yang muncul dalam proses belajar mengajar.