Selamat Datang di Situs Resmi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Semoga Situs Ini Benar-benar Menjadi Media Informasi Yang Up to Date Selamat dan Sukses Atas Diraihnya Gelar Guru Besar (Professor) Kepada : Prof. Dr. Kasinyo Harto, M.Ag Selamat & Sukses Kepada Program Studi Pendidikan Biologi Atas Diraihnya Akreditasi Dengan Predikat B (Baik)

Pengabdian Masyarakat Prodi Pendidikan Kimia FITK


Kategori: Berita Kampus

HUMAS - FITK -- Kamis, 2 Mei 2019 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Tim Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang melakukan pengabdian masyarakat di SMAN 1 Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin dengan tema “Pendampingan Guru Menyusun RPP Berorientasi Pembelajaran Abad 21: PPK, 4C, Literasi dan HOTS”.

Pengabdian kepada masyarakat ini dibagi kedalam dua tim, tim yang pertama yaitu Ibu Resti Tri Astuti M, Pd., Bapak Moh. Ismail Sholeh, M.Pd., Bapak Pandu Jati Laksono, M.Pd., dan Ibu Etrie Jayanti., M.Pd. Tim ini melakukan pendampingan kepada guru dalam menyusun RPP berorientasi pembelajaran abad 21: PPK, 4C, Literasi dan HOTS kelompok mata pelajaran Matematika dan IPA (MIPA). Tim kedua yang terdiri dari Bapak Muhammad Isnaini, M.Pd., Ibu Luthfia Ulva Irmita, M.Pd dan Ibu Wiwid Pungki Ningrum M.Pd melakukan pendampingan kepada guru dalam menyusun RPP berorientasi pada pembelajaran abad 21: PPK, 4C, Literasi dan HOTS kelompok mata pelajaran Agama dan Sosial.

Acara diawali dengan kegiatan pembukaan terlebih dahulu. Sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Muhammad Isnaini selaku ketua program studi pendidikan kimia. Beliau menyampaikan tujuan kedatangan tim program studi pendidikan kimia datang ke SMA 1 Tanjung Lago ini untuk melakukan sharing dan pendampingan kepada guru-guru dalam menyusun RPP yang beroirentasi pada abad 21 serta pendampingan dalam penyusunan instrumen penilaian high order thinking skill. Beliau juga menyampaikan bahwa siswa pada kondisi saat ini masih mengalami kesulitan dalam memahami soal pada tingkat kognitif C4-C6. Oleh karena itu, guru harus membiasakan siswa terlibat dalam pembelajaran dan penilaian yang beorientasi high order thinking skill. Selain itu juga tak lupa ketua Program Studi Pendidikan Kimia memperkenalkan dosen-dosen Program Studi Pendidikan Kimia satu persatu.

Sambutan selanjutnya yaitu sambutan dari pihak SMAN 1 Tanjung Lago yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Daryanto, S.Pd selaku wakil kurikulum SMAN 1 Tanjung Lago. Bapak Daryanto, S.Pd menceritakan sekilas megenai SMA N 1 Tanjug Lago yang berdiri pada tahun 2006 dan meluluskan siswa pertama kali pada tahun 2009. Beliau menyampaikan bahwa di SMAN 1 Tanjung Lago terdapat 12 Rombel yang terdiri dari 2 Rombel Kelas X IPA, 2 Rombel Kelas X IPS, 2 Rombel Kelas XI IPA, 2 Rombel kelas XI IPS, 2 Rombel Kelas XII IPA, 2 Rombel Kelas XII IPS. Guru di SMAN 1 Tanjung Lago terdiri dari 27 Pegawai Negeri Sipil dan 6 tenaga honorer. Beliau juga menyampaikan bahwa proses pembelajaran yang ada di SMAN 1 Tanjung Lago sudah menerapkan Kurikulum 2013, guru-guru juga sudah beberapa kali menghadiri workshop yang berkaitan dengan kurikulum 2013 namun mungkin ilmu yang di dapatkan masih kurang, sehingga kegiatan semacam ini merupakan kegiatan yang diharapkan oleh guru-guru di SMAN 1 Tanjung Lago. Beliau juga mengharapkan melalui kegiatan ini guru-guru di SMAN 1 Tanjung Lago dapat menambah wawasan mereka dalam menyusun rpp yang berorientasi pada pembelajaran abad 21. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa selain guru-guru yang merasa senang dengan kedatangan Program Studi Pendidikan Kimia UIN Raden Fatah Palembang, siswa-siswa SMAN 1 Tanjung Lago juga mendapatkan atmosfir yang baik dengan kedatangan TIM Program Studi Pendidikan Kimia, siswa-siswa merasa termotivasi untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri, khususnya UIN Raden Fatah Palembang.

Setelah kegiatan pembukaan selesai, kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan inti. Tim Progam Studi Pendidikan Kimia melakukan pendampingan kepada guru-guru SMAN 1 Tanjung Lago dalam penyusan RPP berorientasi pembelajaran Abad 21. Guru-guru dibagi kedalam dua kelompok sesuai dengan mata pelajaran yang diampuh yaitu kelompok mata palajaran MIPA dan kelompok mata pelajaran Agama & Sosial.

Materi yang pertama yaitu mengenai karakteristik kecakapan abad 21 dalam pembelajaran 4C (CommunicationCollaborationCritical Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation). Materi ini disampaikan oleh Bapak Muhammad Isnaini pada kelompok mata pelajaran Agama & Sosial, dan bapak Moh. Ismail Sholeh pada kelompok mata pelajaran MIPA.

Materi kedua yaitu konsep dan tujuan literasi dalam RPP disampaikan oleh Bapak Pandu Jati Laksono, M.Pd dan Ibu Luthfia Ulva Irmita, M.Pd. Litarasi penting dimuat dalam RPP karena dalam proses pembelajaran harus mengintegrasikan kemampuan mengakses, memahami dan menggunakan ilmu pengetahuan secara tepat. Ada enam literasi dasar yaitu baca tulis, numerasi, sains, ict, digital dan budaya & kewargaan.

Materi selanjutnya yaitu implementasi penguatan karakter (PPK) berbasis kelas, budaya sekolah dan masyarakat disampaikan oleh Ibu Resti Tri Astuti M.Pd dan Ibu Wiwid Pungki Ningrum M.Pd. Ibu Resti dan Ibu wiwid menjelasan lima nilai utama karakter yang saling berkaitan yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas.

Materi terakhir yaitu konsep pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi/ higher order thinking skilldisampaikan oleh Ibu Etrie Jayanti, M.Pd., dan Ibu Wiwid Pungki Ningrum. Ibu Etrie dan Ibu Wiwid menyampaikan bagaimana cara mendesain pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Selain itu, ibu Etrie dan Ibu Wiwid juga menjelaskan langkah-langkah dalam penyusunan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Selama kegiatan pendampingan berlangsung, guru-guru terlihat antusias dalam mengikuti setiap materi yang diberikan. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan muncul selama kegiatan berlangsung. Guru-guru juga terlihat antusias dalam menyusun serta memaparkan RPP pembelajaran abad 21 yang berhasil dibuat.

Guru-guru SMAN 1 Tanjung Lago megharapkan kegiatan pendampingan semacam ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Oleh kerena itu pada kesempatan ini pula Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Raden Fatah Palembang menjalin hubungan kerjasama dengan SMAN 1 Tanjung Lago. Sebagai landasan dari hubungan kerja sama ini, Bapak Muhammad Isnaini, M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Kimia dan Bapak Surakhman, S.Pd., M.M  selaku Kepala SMAN 1 Tanjung Lago menandatangi dokumen perjanjian kerja sama. (EJ/Ar).

  • IP Anda : 34.229.113.106
  • Hari Ini : 100
  • Kemarin : 196
  • Total : 376368
Jl.Prof.K.H.Zainal Abidin Fikri KM.3,5
Palembang Sumatera Selatan,30126.
tarbiyah@radenfatah.ac.id
0711-354668
07 : 30 s/d 16 : 00

Copyright © 2016 . All rights reserved.