Visi Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi MPI
Program ini dulunya dikenal dengan Program Studi Kependidikan Islam (KI) yang dibuka dengan latar belakang bahwa belum ada Program Studi yang mempersiapkan tenaga ilmuan di bidang Pendidikan Islam, sementara Program Studi yang telah diselenggarakan bertujuan untuk mendidik calon tenaga praktisi pendidikan Islam yaitu untuk menjadi Guru Agama Islam dan Guru Bahasa Arab.
Program Studi Kependidikan Islam dibuka pada tahun akademik 1995/1996 berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Raden Fatah Nomor: IX Tahun 1996 tanggal 22 Januari 1996. Kemudian, izin penyelenggaraan Program Studi ini terus diperpanjang, terakhir berdasarkan Surat Keputusan DIRJEN PENDIS DEPAG RI No.: DJ.I/202/2008, tertanggal 20 Juni 2008.
Terakhir pada tahun 2011, Program Studi Kependidikan Islam diubah menjadi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam berdasarkan hasil pertemuan Alumni Kependidikan Islam dan surat Edaran dari Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 145/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2014, menyatakan bahwa Program studi Sarjana Pendidikan Bahasa Arab, UIN Raden Fatah Palembang terakreditasi B, sejak tanggal 23 Mei 2014.
VISI
Visi Prodi Manajemen Pendidikan Islam: Menjadi program studi yang sehat dan berkualitas serta mampu menghasilkan tenaga kependidikan dan perkantoran yang profesional, berkarakter, berintegritas, dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
MISI
Adapun misi yang diemban oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam adalah:
a. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran unggul dalam bidang manajemen pendidikan Islam.
b. Mendidik mahasiswa menjadi sarjana yang menguasai disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam.
c. Mendidik mahasiswa menjadi tenaga kependidikan dan pendidik di bidang manajemen pendidikan dan perkantoran.
d. Mendidik mahasiswa menjadi sarjana manajemen pendidikan yang berkarakter Islami.
e. Melaksanakan penelitan dalam bidang manajemen pendidikan dan perkantoran.
f. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang lebih proaktif dan partisipatif dalam bidang manajemen pendidikan dan perkantoran.
TUJUAN
Tujuan Program Studi MPI pada hakikatnya yaitu Mendidik mahasiswa menjadi Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki kemampuan melaksanakan tugas managerial dan administrasi, supervisi, monitoring dan evaluasi, serta mengembangkan inovasi-inovasi manajemen dan administrasi bidang persekolahan/madrasah dan perkantoran.
SASARAN
Sasaran studi di Prodi MPI dalam lingkup keilmuan, yakni Kemampuan yang diharapkan bagi lulusan :
a. Mampu memahami ruang lingkup, landasan manajemen pendidikan Islam di sekolah dan perkantoran;
b. Mampu memahami kaitan antar konsep manajemen pendidikan Islam di sekolah dan perkantoran.
c. Mampu memahami implikasi dari teori-teori manajamen pendidikan Islam di sekolah dan perkantoran.
d. Memiliki wawasan komprehensif tentang institusi pendidikan Islam dan perkantoran.
e. Memiliki kemampuan mengaplikasikan teori-teori dalam manajemen penidikan Islam di sekolah dan perkantoran.
Untuk mencapai sasaran yang dicanangkan, pola yang diterapkan adalah dengan cara menjadikan visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan sebagai poros dan parameter kerja bagi setiap perangkat kerja di Program Studi MPI. Dengan demikian, akan terwujud sinergitas antarlini, baik pada lingkup pimpinan, dosen, karyawan, mitra kerja, maupun alumni dalam rangka menyusun kurikulum, silabus, SAP/RPP dan model pembelajaran dengan berbasis pada kinerja mahasiswa. Strategi pencapaiannya adalah dilakukan dengan cara:
a. Meningkatkan relevansi pendidikan.
b. Melakukan monitoring dan evaluasi calon mahasiswa.
c. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendidikan
d. Menciptakan dan meningkatkan sistem manajemen dan administrasi akademik
e. Menciptakan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif.
f. Mengembangkan laboratorium sebagai pusat pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Untuk mencapai sasaran yang dicanangkan, pola yang diterapkan adalah dengan cara menjadikan visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan sebagai poros dan parameter kerja bagi setiap perangkat kerja di Program Studi MPI. Dengan demikian, akan terwujud sinergitas antarlini, baik pada lingkup pimpinan, dosen, karyawan, mitra kerja, maupun alumni dalam rangka menyusun kurikulum, silabus, SAP/RPP dan model pembelajaran dengan berbasis pada kinerja mahasiswa. Strategi pencapaiannya adalah dilakukan dengan cara:
a. Meningkatkan relevansi pendidikan.
b. Melakukan monitoring dan evaluasi calon mahasiswa.
c. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendidikan
d. Menciptakan dan meningkatkan sistem manajemen dan administrasi akademik
e. Menciptakan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif.
f. Mengembangkan laboratorium sebagai pusat pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.